Top Menu

Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Biaya Operasi Tulang Pinggul

 

Ganti Tulang Pinggul

Pinggul adalah persendian yang menghubungkan tulang paha dan tulang panggul. Jadi, sendi ini memiliki peranan penting mengendalikan gerak tubuh manusia seperti memutar badan, duduk, berjalan, dll. Jika tulang pinggul patah, fungsi tungkai menjadi terganggu dan menghambat aktivitas. Salah satu penanganan dokter untuk kondisi darurat ini adalah operasi. Tentu saja, dokter tulang akan memeriksanya terlebih dahulu.

Penyebab Tulang Pinggul Patah

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko patah tulang pinggul. Salah satunya adalah usia lanjut. Selain itu, penderita penyakit tertentu seperti hipertiroidisme, kanker, dan osteoporosis juga punya resiko tinggi mengalami patah tulang pinggul. Bukan hanya itu, penyakit saraf juga bisa menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami patah tulang pinggul.

Lebih jauh lagi, wanita lebih beresiko mengalami patah tulang pinggul dibanding pria, khususnya jika sudah memasuki masa menopause. Kemudian, resiko patah tulang pinggul juga meningkat akibat beberapa kondisi lain seperti obesitas, efek samping obat-obatan, gangguan nutrisi, jarang olahraga, merokok, dan minum alkohol.

Gejala Patah Tulang Pinggul

Umumnya, gejala patah tulang pinggul terasa setelah terjatuh. Tapi, gejala tersebut juga dapat muncul secara spontan. Beberapa gejala yang paling umum antara lain:

1. Sakit tak tertahankan pada pinggul/selangkangan

2. Tak bisa berdiri/bertumpu pada tungkai bagian pinggul yang cedera

3. Tak bisa mengangkat, menggerakkan, maupun memutar tungkai

4. Memar & bengkak pada area sekitar pinggul

5. Tungkai di pinggul yang cedera bengkok ke sisi luar atau lebih pendek

Diagnosis dan Operasi Tulang Pinggul

Selain melalui gejala & tanda yang muncul, dokter mendiagnosis patah tulang pinggul dengan pemeriksaan foto rontgen atau X-ray. Bahkan, dokter akan menggunakan CT scan atau MRI jika diperlukan.

Kemudian, hampir semua kasus patah tulang pinggul memerlukan penanganan operasi. Metode yang digunakan disesuaikan jenis patah tulang, usia pasien, kondisi sendi & tulang, serta kemampuan gerak pasien.

Biaya operasi tulang pinggul juga berbeda-beda. Tentu saja, penggantian seluruh tulang sendi memerlukan biaya lebih mahal dibanding penggantian sebagian tulang pinggul. Untuk mempercepat pemulihan, fisioterapi mungkin akan sangat membantu.


Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates